Selasa, 13 Desember 2016

Softskill Tugas 3. Model sistem informasi psikologi



Model Sistem Informasi Psikologi
TES IQ



Disusun Oleh:
1. Adam Zaini B (10513121)
2. Dhea Zahra (12513320)
3. Marchia D Fathin (15513260)
4. Mega Elvira (15513384)
5. Nazhira Sarfina (16513370)
6. Nurfahsyahbani R (16513654)
7. Raka Novandra (17513213)
KELAS: 4PA06


FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA

Analisis tes IQ manual dan berbasis komputer
Intelegent quotient atau IQ merupakan sebuah cara untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Salah satu cara yang sering digunakan untuk menyatakan tinggi rendahnya tingkat inteligensi adalah menerjemahkan hasil tes inteligensi kedalam angka yang dapat menjadi petunjuk mengenai kedudukan tingkat kecerdasan seseorang bila dibandingkan secara relatif terhadap suatu norma. Secara tradisional, angka normatif dari hasil tes inteligensi dinyatakan dalam bentuk rasio (quotient) dan dinamai Intelligence Quotient (IQ). Intellengence quotient sering disingkat dengan IQ merupakan nilai yang diperoleh dari sebuah alat tes kecerdasan atau biasa disebut tes IQ. Hasil tes ini memberikan indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang dan menggambarkan kecerdasan seseorang secara hampir keseluruhan. Tes IQ banyak digunakan oleh berbagai kalangan, misalnya dalam studi, perusahaan maupun perseorangan. Tes IQ yang biasa dilakukan adalah secara manual yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mengetahui hasil IQ, selain itu banyak peserta tes sulit memahami untuk menghitung hasil tes IQ karena cukup rumit. Berkaitan dengan itu penulis berupaya menyajikan penilaian IQ dengan menggunakan komputer supaya tes tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah.
Tes IQ online adalah tes IQ gratis atau berbayar yang menggunakan koneksi internet, soal-soal tes IQ online sama seperti tes IQ secara umumnya namun pada tes IQ berbasis komputer (online) soal-soal yang diberikan lebih bervariasi dan berwarna sehingga terlihat lebih menarik individu tidak cepat merasa jenuh dalam mengerjakannya.
Penggunaan tes IQ berbasis komputer (online) dapat mengurangi penggunaan kertas (paperless) karena individu atau peserta tes tidak perlu menghitamkan bulatan pada lembar jawaban, pemeriksaan jawaban dilakukan oleh komputer sehingga menghemat waktu pemeriksaan dan hasil tes dapat diketahui langsung setelah selesai mengerjakan soal-soal. Dengan adanya suatu tes IQ yang berbasis komputer (online) pada tes kecerdasan, akan dapat membantu mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada seseorang yang ingin mengetahui tingkat kecerdasannya. Selain efisiensi waktu dan biaya, kekurangan tes IQ berbasis komputer ada sebagian individu atau peserta yang belum familiar dalam menggunakan komputer, apabila komputer lambat atau hang dapat mengacaukan jawaban yang sudah dikerjakan oleh peserta.
Tes IQ dengan mengunakan komputer dapat mempermudah testee dalam pengisian pertanyaan. Testee diminta untuk mengerjakan pertanyaan terbuka ataupun tertutup dari aplikasi yang sudah disediakan di komputer. Setelah testee selesai mengerjakan pertanyaan, kemudian tester melakukan scoring dengan menggunakan komputer. Dalam melakukan scoring, tester tidak terlalu sulit karena tinggal mengklik jawaban tersebut tester langsung mendapatkan hasil interpretasinya. Tes IQ sudah diuji sehingga sangatlah minim untuk melakukan kesalahan.


Adapun kelebihan dan kekurangan dari Tes IQ berbasis Komputer yaitu :
1.      Kelebihan :
·         Tester tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan scoring karena sudah ada aplikasinya.
·         Tester dan testee tidak perlu menyiapkan alat tulis
2.      Kelemahan :
·         Tester tidak bisa mengobservasi testee karena hasil interpretasinya langsung dikeluarkan oleh aplikasi setelah testee melakukan tes IQ tersebut.
·         Karena berbasis komputer masih banyak orang yang tidak terlalu mengerti dengan aplikasi dan  instruksi dari program tersebut sehingga sering terjadi kesalah pahaman atau salah arti terlebih untuk orang-orang yang tidak biasa menggunakan komputer ataupun karena faktor usia.
Contoh model Tes IQ online
Quick IQ Test: http://www.quickiqtest.net/indonesian/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar