Minggu, 03 Mei 2015

Tugas Kesehatan Mental 10

Tugas Kesehatan mental 10
Nama : Nurfahsyahbani R
Kls       : 2PA06
NPM   : 16513654

Cinta dan Perkawinan

Deskripsi Cinta dan Perkawinan
Menurut cinta itu rasa mengasihi, rasa nyaman dan ingin selalu dekat. Sangat sulit dijelaskan karena hanya bisa dirasakan. Sedangkan perkawinan adalah kebersamaan hidup pasangan di dalam satu atap dan satu tujuan untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Perkawinan sebaiknya harus didasari oleh cinta. Karena cinta dapat menjadi pondasi yang kuat bagi sebuah perkawinan. Di dalam perkawinan selalu ada berbagai cobaan serta masalah – masalah yang terkadang dipikir sulit untuk diselesaikan. Namun dengan adanya cinta, semua akan selalu kembali dengan baik. Emosi pun akan teredam jika cinta sudah mengingatkannya akan sebuah perkawinan yang baik menurut masing – masing orang dan menurut Allah SWT.


A.  Memilih pasangan

: memahami dan menjelaskan Bagaimana memilih pasangan

Kebebasan itu memang omong kosong. Tak ada kebebasan untuk memilih, termasuk memilih pasangan hidup. Seringkali orangtua kita sibuk untuk memilihkan pasangan yang terbaik. Namun terbaik untuk mereka belum tentu terbaik untuk anaknya. Yang terpenting adalah kita harus memiliki kecocokan dengan orang tersebut. Akan lebih nyaman lagi jika kita memiliki kesamaan opini, kepribadian, hobi atau yang lainnya. Meskipun kesamaan itu sulit untuk didapatkan, namun kita tidak boleh terhenti hanya karena perbedaan. Jadikanlah perbedaan itu sebagai variasi dalam suatu hubungan.


B. Hubungan dalam perkawinan

: memahami dan menjelaskan Seluk-beluk hubungan dalam perkawinan

Seluk Beluk dalam Hubungan Perkawinan
Banyak sekali hal yang terjadi dalam hubungan perkawinan. Karena menyatukan dua individu yang berbeda itu sangat sulit dan selalu menimbulkan perbedaan pendapat dan ketidaksetujuan akan sesuatu. Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya. Kita tidak bisa selalu menuntut kesempurnaan. Maka yang bisa kita lakukan adalah menjadikan kekurangan pasangan itu sebagai bagian dari kehidupan kita dan menerimanya dengan ikhlas serta selalu berusaha untuk tidak menjadikan semua itu sebagai masalah.

C. Penyesuaian dan pertumbuhan dalam perkawinan

: memahami dan menjelaskan Penyesuaian dan pertumbuhan dalam perkawinan

Penyesuaian dan Pertumbuhan dalam Perkawinan
Perkawinan tidak berarti mengikat pasangan sepenuhnya. Dua individu ini harus dapat mengembangkan diri untuk kemajuan bersama. Keberhasilan dalam perkawinan tidak diukur dari ketergantungan pasangan. Perkawinan merupakan salah satu tahapan dalam hidup yang pasti diwarnai oleh perubahan. Dan perubahan yang terjadi dalam sebuah perkawinan, sering tak sederhana. Perubahan yang terjadi dalam perkawinan banyak terkait dengan terbentuknya relasi baru sebagai satu kesatuan serta terbentuknya hubungan antarkeluarga kedua pihak.

D. Perceraian dan pernikahan kembali

: memahami dan menjelaskan Perceraian dan pernikahan kembali

Perceraian dan Pernikahan Kembali
Menikah kembali setelah perceraian mungkin menjadi keputusan yang membingungkan untuk diambil. Esensi dalam pernikahan adalah menyatukan dua manusia yang berbeda latar belakang. Untuk itu kesamaan pandangan dalam kehidupan lebih penting untuk diusahakan bersama. Menikah Kembali setelah perceraian bisa menjadi pengalaman menarik. tinggalkan masa lalu dan berharap untuk masa depan yang lebih baik.

E. Alternatif selain pernikahan

: memahami dan menjelaskan Alternatif selain pernikahan: membujang (single life)

Single Life

Seseorang yang menjalani single life pasti mengalami loneliness atau rasa kesepian. Terlebih ketika ia sudah lanjut usia dan anak – anaknya sudah berkeluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar